jenis akuntansi

Apa itu laporan keuangan? Jenis-jenis dan Langkah-langkah menganalisis

Laporan keuangan

Tahu daftar laporan Keuangan (Financial Statement) seperti yang tertulis pada laporan status keuangan perusahaan, laporan ini berisi laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan nilai bersih, laporan arus kas, persiapan data dan menyiapkan laporan keuangan.

Dalam keuangan langkah pertama adalah membangun sistem manajemen keuangan, di mana Anda harus merencanakan untuk menyiapkan laporan keuangan setiap bulan, agar dapat mengelola secara proaktif.

Jenis-jenis laporan keuangan

laporan laba rugi

laporan laba rugi (Income Statement) Salah satu komponen yang paling penting dari manajemen keuangan, sebagai menunjukkan semua sumber dari pendapatan untuk biaya kerja selama satu periode tertentu dari waktu, dan terdiri dari beberapa elemen: penjualan, biaya dari barang yang dijual, laba kotor, operasi biaya, penyusutan, laba usaha, penghasilan dan beban lain-lain, laba bersih sebelum pajak, pajak penghasilan, dan laba bersih setelah pajak.

Neraca keuangan

neraca keuangan (Balance Sheet) adalah salah satu menu utama yang harus disiapkan akuntan, yang menggambarkan keadaan keuangan perusahaan secara keseluruhan selama periode waktu tertentu, dan terdiri dari tiga unsur, yaitu: aktiva, kewajiban, dan hak milik, sebagai tujuan penyusunan anggaran adalah untuk membuktikan kebenaran persamaan akuntansi, yang menyatakan bahwa nilai total ekuitas dan kewajiban harus sama dengan nilai aset, dan karena neraca memberikan kesan cepat dari posisi keuangan perusahaan, pemberi pinjaman , pemasok, dan investor tertarik pada data yang ditunjukkannya, untuk menilai kelayakan kredit perusahaan, karena persentase Liabilitas versus aset yang tinggi menjadi perhatian.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas digunakan untuk mengungkapkan arus kas masuk atau keluar perusahaan, yang merupakan hal penting yang dibutuhkan perusahaan untuk memiliki cukup uang untuk membayar pengeluaran dan pembelian aset. Pernyataan ini menunjukkan arus kas perusahaan berubah dari waktu ke waktu.

Analisis laporan keuangan menggunakan rasio

Konsep laporan keuangan

Laporan Keuangan ( dalam bahasa Inggris: Financial Statements) adalah laporan ringkas yang menjelaskan sifat penggunaan dana perusahaan, baik milik sendiri maupun yang bertanggung jawab atas pengelolaannya , seperti pemegang saham dan pemberi pinjaman dana, dan membantu laporan keuangan untuk menentukan nilai keuangan.

TRENDING:  Top 10 ! nice food in pj ss2 - Malaysia PJ SS2 Food Must Knowing !

Laporan keuangan juga berfungsi sebagai laporan keuangan yang disampaikan oleh perusahaan kepada investor dan pemegang saham, dan berkontribusi untuk memperjelas rincian kondisi keuangan mereka, dan termasuk dokumen yang mengacu pada akun kerugian dan laba, dan yang lain.

Definisi lain dari laporan keuangan adalah catatan resmi yang berisi informasi keuangan tentang bisnis, dan disajikan dengan cara yang terstandarisasi dan terorganisir yang membantu untuk memahaminya dengan mudah.

Menganalisis laporan keuangan menggunakan rasio

Analisis menggunakan rasio (Bahasa Inggris: Ratio Analysis) adalah metode analisis keuangan yang berupaya mengubah besaran angka menjadi rasio untuk menerapkan perbandingan di antara mereka; Dengan mengandalkan perbandingan antara rasio saat ini dan sebelumnya dari perusahaan yang beroperasi di industri yang sama atau berbeda Jenis analisis ini berkontribusi untuk mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan perusahaan.

Analisis laporan keuangan didefinisikan menggunakan rasio; Ini adalah metode yang bertujuan untuk mempelajari berbagai hubungan antara angka dan jumlah dalam laporan keuangan perusahaan; Untuk menentukan keberhasilannya di pasar tenaga kerja .

Definisi lain dari analisis laporan keuangan dengan menggunakan rasio adalah alat yang digunakan untuk membangun perbandingan antara berbagai hubungan di berbagai sektor keuangan, dan informasi analisis laporan keuangan diperoleh melalui laporan keuangan seperti laporan laba rugi dan neraca.

Bagian rasio keuangan

Rasio keuangan yang digunakan dalam analisis laporan keuangan dibagi menjadi sebagai berikut:

Rasio Likuiditas (Bahasa Inggris: Rasio Likuiditas): Ini adalah rasio yang mengukur kemampuan keuangan jangka pendek perusahaan; Artinya, Anda tertarik untuk mengetahui sejauh mana perusahaan dapat membayar kewajiban keuangannya dalam waktu singkat, dan kapasitas keuangan ini berkontribusi untuk memperjelas sifat kewajiban keuangan saat ini tergantung pada aset yang dapat diperdagangkan perusahaan, yang dapat dikonversi menjadi kas dalam periode waktu yang sama dengan hak kewajiban lancar.

Adanya likuiditas keuangan yang cukup bagi perusahaan, kemungkinan risiko pembiayaan, yang menyebabkan penurunan peringkat kredit mereka dan rasio likuiditas yang paling penting adalah:

  • Rasio Lancar: Ini adalah rasio yang dihitung dengan membagi aset lancar dengan kewajiban lancar.
  • Quick ratio : Merupakan rasio yang dihitung dengan cara mengurangkan nilai persediaan dengan nilai aktiva lancar, kemudian membagi hasilnya dengan nilai kewajiban lancar.Pentingnya rasio ini terlihat dari perannya dalam mengukur kemampuan proyek untuk membayar kewajiban keuangan jangka pendek, tanpa perlu menjual nilai persediaan.
TRENDING:  7 Potret Livy Renata Saat Pakai Seragam Sekolah, No.6 Gila Cantik Parah😍

Rasio leverage keuangan (dalam bahasa Inggris: Financial Leverage Ratios): Mereka adalah rasio yang menyangkut tingkat pembiayaan perusahaan; Dengan mengandalkan hutang kepada orang lain (leverage); Artinya, digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar semua hutangnya pada tanggal jatuh tempo, terlepas dari sifat hutang ini, apakah itu jangka pendek atau jangka panjang.Rasio leverage keuangan yang paling penting adalah:

  • Debt to Net Assets Ratio: Rasio yang mengukur kemampuan perusahaan untuk mengandalkan uang orang lain; Dalam rangka menggunakannya untuk membiayai kebutuhan mereka, rasio ini dihitung dengan membagi nilai bersih semua hutang dengan nilai aset bersih, dan menunjukkan persentase penurunan beban rendah efek tetap pada perusahaan, sedangkan kenaikan merupakan meningkatkan pengembalian finansial pemilik, dan membuat mereka menyerah untuk meningkatkan modal dengan mengandalkan menarik mitra baru.
  • Rasio Struktur Modal: Ini adalah rasio yang dihitung dengan membagi utang bersih jangka panjang dengan sumber pembiayaan jangka panjang, dan rasio ini digunakan untuk menilai sifat risiko keuangan.
  • Rasio cakupan: Ini adalah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar bunga pinjaman ; Dengan mengandalkan nilai keuntungannya, dihitung dengan membagi nilai pendapatan sebelum pajak dan bunga dengan nilai bunga yang dibayarkan setiap tahun.

Rasio profitabilitas (dalam bahasa Inggris: Profitability Ratios): adalah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan; Dengan mengandalkan aset, penjualan, dan hak kepemilikannya, rasio profitabilitas yang paling penting adalah:

  • Rasio Laba Kotor: Merupakan rasio yang digunakan untuk menunjukkan efisiensi manajemen dalam mendukung penjualan dan pengendalian biaya, dan dihitung dengan membagi total laba (nilai penjualan – harga pokok penjualan) dengan total penjualan.
  • Rasio margin laba operasi: Ini adalah rasio yang digunakan untuk mengukur efisiensi operasi perusahaan, dan dihitung dengan membagi nilai laba operasi dengan total penjualan.
    Rasio Pendapatan Bruto: Ini adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan penjualan untuk menghasilkan pendapatan total, dan dihitung dengan membagi total pendapatan dengan total penjualan.
TRENDING:  Need Info ? panasonic food processor mk-f800 - Here Information The Item

Rasio Aktivitas: Ini adalah rasio yang mengukur efisiensi pengelolaan sumber daya perusahaan; Dengan membandingkan penjualannya dengan investasinya dalam sekelompok aset; Artinya, ia berkontribusi untuk menentukan efisiensi perusahaan dengan mendistribusikan sumber daya keuangan ke berbagai aset, dan juga mempelajari efisiensi penggunaan aset untuk menghasilkan jumlah layanan dan barang terbesar. Rasio aktivitas yang paling penting adalah:

  • Perputaran Piutang Usaha: Ini adalah berapa kali sepanjang tahun piutang tersebut dikumpulkan, dan dihitung dengan membagi total penjualan dengan nilai piutang.
  • Perputaran persediaan: Ini adalah berapa kali perusahaan membeli sejumlah barang untuk menjualnya Perputaran persediaan berkontribusi untuk mengukur persentase efisiensi administrasi perusahaan untuk menindaklanjuti asetnya, dan untuk mempertahankan aset dalam idealnya batas yang sesuai dengan ukuran operasinya, dan rasio perputaran persediaan berguna dalam menentukan kelayakan investasi dalam Komoditas saham.
  • Perputaran aset tetap: Ini adalah ukuran rasio efisiensi manajemen berdasarkan aset bersihnya untuk mendukung penjualannya. Persentase yang tinggi menunjukkan penggunaan aset yang sangat baik, tetapi jika terjadi penurunan; Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tidak dapat menghasilkan volume penjualan yang sesuai, dibandingkan dengan sifat investasi yang digunakan

Langkah-langkah menganalisis laporan keuangan menggunakan rasio

Penerapan analisis laporan keuangan menggunakan rasio tergantung pada serangkaian langkah:

  • menghitung rasio volume umum; Dengan mengandalkan perusahaan neraca .
  • menghitung rasio volume umum; Melalui keuangan laporan laba rugi.
  • Gunakan data neraca untuk menghitung rasio keuangan saat ini dan rasio keuangan cepat.
  • Penerapan perhitungan baik rasio hutang dan total penjualan terhadap modal perusahaan saat ini.
/* */