Apa itu pembiayaan konsumen?

Apa itu pembiayaan konsumen?

Ketika mendengar kata pinjaman kartu, kata yang sering terlintas di benak Anda adalah “keuangan konsumen”. Pada saat yang sama, banyak orang memiliki citra menakutkan dari pemberi pinjaman konsumen. Juga, tampaknya sebagian orang dibingungkan dengan apa yang disebut pengedar uang gelap (Yamikin). Oleh karena itu, sebagian orang memiliki kesan buruk terhadap pinjaman kartu itu sendiri.

Namun, pemberi pinjaman konsumen saat ini meminjamkan sesuai dengan hukum, dan mereka dirancang untuk mencegah pinjaman berlebihan dan hutang ganda, yang berbeda dari pemberi pinjaman hitam-putih yang sering bingung.
Pada artikel ini, kami juga akan memperkenalkan fitur pinjaman kartu kredit konsumen, perbedaannya dengan bank, kartu kredit dan kartu kredit, serta cara menggunakan kredit konsumen dengan bijak.

Apa itu perusahaan pembiayaan konsumen?

Pemberi pinjaman konsumen adalah pemberi pinjaman yang memberikan pinjaman kepada masyarakat umum. Contoh tipikal adalah Promise, Acom, dan Aiful. Anda akan sering melihatnya di iklan TV dan iklan kereta api.

Pembiayaan konsumen saat ini memberikan pinjaman sesuai dengan Undang-Undang Bisnis Peminjaman Uang . Oleh karena itu, kami tidak meminjamkan dengan tingkat bunga yang terlalu tinggi atau membuat penagihan yang keras. Banyak pemberi pinjaman konsumen juga menawarkan layanan khusus pinjaman kartu, seperti pemasangan mesin kontrak otomatis.

Apa perbedaan antara Sarakin dan Hiu Pinjaman?

Perusahaan yang dulu bernama Sarakin (pembiayaan gaji) kini menjadi pembiayaan konsumen. Banyak orang memiliki citra negatif dari kata Sarakin, seperti “meminjamkan dengan tingkat bunga tinggi” atau “takut mengumpulkan uang”. Pastinya, ada masanya Sarakin memberikan layanan yang tidak mudah digunakan konsumen, seperti pinjaman yang berlebihan, suku bunga tinggi, dan penagihan yang ketat.
Namun, pembiayaan konsumen saat ini diatur secara ketat oleh Money Lending Business Act. Suku bunga dan batas atas jumlah pinjaman ditetapkan, dan telah menjadi layanan yang dapat digunakan konsumen dengan tenang.

Di sisi lain, saya sering mendengar nama “Yamikin”. Yang dimaksud dengan pelaku usaha yang tidak terdaftar sebagai pelaku usaha berdasarkan Undang-Undang Usaha Pinjam Meminjam Uang dan secara melawan hukum melakukan kegiatan usaha pinjam meminjam uang tanpa registrasi. Karena belum dilisensikan secara resmi, tampaknya ada beberapa pedagang uang gelap yang meminjamkan dengan suku bunga selangit dan membuat koleksi ketat yang secara mental mendorong pengguna.
Jangan pernah meminjam uang dari rentenir yang tidak memiliki izin resmi sebagai pemberi pinjaman uang.

Apa perbedaan antara pembiayaan konsumen, perbankan, kredit dan kredit?

Pinjaman kartu yang menyediakan layanan pinjaman pribadi secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga jenis berikut.

  • Pinjaman kartu pembiayaan konsumen
  • pinjaman kartu bank
  • Pinjaman kartu kredit / kredit

Pinjaman kartu pembiayaan konsumen

Salah satu ciri pinjaman kartu kredit konsumen adalah dapat dipinjam dengan cepat . Namun, ada kasus di mana suku bunga ditetapkan sedikit lebih tinggi daripada bank dan perusahaan kredit / kredit .
Sebaliknya, banyak perusahaan saat ini memiliki periode bebas bunga , seperti “bunga nol untuk 30 hari pertama “.

pinjaman kartu bank

Pinjaman kartu bank adalah layanan yang diberikan oleh lembaga keuangan seperti bank besar dan bank daerah. Suku bunga ditetapkan sedikit lebih rendah daripada
pembiayaan konsumen, tetapi mungkin perlu beberapa waktu untuk meninjau dan meminjam . Jika Anda memiliki pinjaman kartu yang dioperasikan oleh Bank Mega, Anda dapat mengatakan bahwa Anda memiliki rasa aman yang tinggi .

Pinjaman kartu kredit / kredit

Tidak masalah mengingat pinjaman kredit/kartu kredit memiliki karakteristik yang hampir sama dengan pinjaman bank . Tingkat bunga maksimum hampir sama dengan bank, dan tingkat bunga ditetapkan sedikit lebih rendah daripada pembiayaan konsumen . Direkomendasikan bagi
mereka yang sedang mempertimbangkan pinjaman jangka panjang karena dapat menjaga tingkat bunga total tetap rendah . Kecepatan peminjaman adalah yang terpendek, dan beberapa di antaranya dapat dipinjam sebelum kartu tiba pada hari itu, yang sangat nyaman.

Pembiayaan konsumen bukan lagi layanan yang berbahaya

Pembiayaan konsumen sekarang lebih aman daripada dulu disebut Sarakin. Sekarang mari kita lihat apa yang telah berubah dalam pembiayaan konsumen.

Masalah suku bunga zona abu-abu terpecahkan

Ada dua undang-undang yang membatasi suku bunga: Undang-Undang Pembatasan Suku Bunga dan Undang-Undang Investasi. Batas atas suku bunga yang ditetapkan oleh Undang-Undang Pembatasan Suku Bunga adalah 15,0% sampai dengan 20,0%. Di sisi lain, mengenai undang-undang investasi, batas atas suku bunga adalah 29,2% hingga revisi undang-undang pada tahun 2010.

Pada saat itu, bahkan jika pinjaman melebihi tingkat bunga maksimum (20,0%) berdasarkan Undang-Undang Pembatasan Tingkat Bunga, itu tidak dikenakan hukuman pidana kecuali melebihi tingkat bunga maksimum (29,2%) berdasarkan Undang-Undang Investasi. Akibatnya, banyak pemberi pinjaman uang meminjamkan dengan suku bunga mendekati 29,2%. Inilah yang disebut “masalah suku bunga zona abu-abu”.

Namun, setelah itu, karena revisi UU Usaha Pinjam Meminjam Uang, suku bunga zona abu-abu dihapuskan. Suku bunga saat ini paling banyak 20,0%. Selain itu, ada peraturan jumlah total bahwa “jumlah pinjaman sampai sepertiga dari pendapatan tahunan” , dan itu adalah aturan bahwa pinjaman berlebihan tidak mungkin.

Dengan cara ini, Undang-Undang Bisnis Peminjaman Uang sekarang membuat operasi pembiayaan konsumen menjadi transparan. Yakinlah bahwa Anda tidak akan diberikan pinjaman berbahaya yang melebihi kapasitas pembayaran Anda atau pengingat yang ketat.

Menjadi anak perusahaan dari grup perbankan besar

Saat ini, ada beberapa pinjaman konsumer di bawah payung grup perbankan besar. Promise, misalnya, adalah bagian dari grup SMBC (Sumitomo Mitsui Banking Corporation). Berbicara tentang bank, mereka sudah tidak asing lagi bagi kita, seperti menggunakannya di deposito dan tabungan. Berafiliasi dengan grup perbankan menciptakan rasa aman dan dapat membantu meningkatkan citra Anda.

Cara menggunakan pinjaman kartu kredit konsumen dengan bijak

Pinjaman kartu kredit konsumen adalah layanan nyaman yang memungkinkan Anda meminjam sebanyak yang Anda butuhkan, saat Anda membutuhkannya. Namun, uang pinjaman pada akhirnya harus dilunasi. Penting untuk menggunakannya dengan bijak dan sistematis dengan mempertimbangkan poin-poin berikut.

Pikirkan kembali apakah tujuan meminjam uang benar-benar diperlukan

Mempertimbangkan waktu dan jumlah pendapatan, buatlah rencana pembayaran yang jelas sebelum meminjam
Pertahankan suku bunga serendah mungkin, seperti dengan menggunakan “layanan bebas bunga pertama”
Pinjaman kartu kredit konsumen bukanlah layanan yang berbahaya, tetapi dapat dikatakan “tergantung bagaimana Anda menggunakannya”.

Dua karakteristik pinjaman kartu kredit konsumen

Ada dua fitur utama yang unik untuk pinjaman kartu kredit konsumen yang tidak ditemukan di bank.

Kecepatan pinjaman

Dibandingkan dengan pinjaman kartu berbasis bank dan kredit / kredit, pinjaman kartu kredit konsumen cenderung memakan waktu lebih sedikit dari aplikasi hingga pemeriksaan hingga peminjaman. Pembiayaan konsumen dapat menjadi sekutu yang kuat dalam situasi di mana Anda membutuhkan uang segera.

Kebebasan membayar kembali

Banyak pinjaman bank, kredit dan kartu kredit hanya dapat dipilih pada tanggal pembayaran yang ditentukan. Di sisi lain, beberapa pinjaman kartu kredit konsumen memiliki banyak calon tanggal pembayaran dan beberapa memiliki siklus pembayaran gratis.
Metode pembayaran berbeda dari perusahaan ke perusahaan, jadi periksa situs web terlebih dahulu.

Pinjaman kartu kredit konsumen dapat digunakan dengan percaya diri

Mungkin masih banyak orang yang memiliki citra buruk tentang pembiayaan konsumen. Namun, seperti yang dijelaskan selama ini, kini menjadi layanan yang dapat digunakan dengan aman dan terjamin.
Namun, saat meminjam, harap perhatikan keseimbangan pemasukan dan pengeluaran dan cobalah untuk menggunakannya secara sistematis.

Selain itu, pinjaman kartu juga mencakup layanan perbankan, kredit, dan kredit. Pilih pinjaman kartu yang cocok untuk Anda dan gunakan dengan bijak.