Cara Budidaya Maggot BSF Media Kering Mudah dan Menguntungkan

Cara Budidaya Maggot BSF Media Kering Mudah dan Menguntungkan

Cara Budidaya Maggot BSF Media Kering Mudah dan Menguntungkan – Cara budidaya maggot BSF di media kering saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Karena menumbuhkan larva maggot memiliki manfaat dan bisa memberikan manfaat yang mengejutkan.

Lalat belatung hitam (BSF) adalah salah satu penemuan paling menarik. Karena ulat yang satu ini bisa memberikan berkah bagi petani, peternak dan jaringan yang lebih luas.

Budidaya lalat maggot sangat berhasil mendukung kasus sampah alam pegunungan. Perlu Anda ketahui bahwa 750 kg belatung BSF dapat mengurangi hampir 2 ton sampah alam dalam waktu dua hingga beberapa minggu.
Belatung dapat digambarkan sebagai larva BSF (black sabit fly) yang dicirikan dibandingkan dengan bahan pakan alternatif lainnya.

Cara Budidaya Maggot BSF Kering Medium dan Deskripsi Detail

Jika memperhatikan istilah ulat atau belatung, faktor utama yang secara alami muncul adalah keengganan. Ini karena banyak orang menganggap hewan ini sebagai ham atau mikroorganisme pembawa penyakit.

Namun, ulat ini pada dasarnya sangat unik dengan pengecualian jenis ulat atau larva lainnya, dan ulat ini tidak selalu merupakan jenis ulat yang umum. Namun, bentuk larva BSF.

Larva tidak membawa gen abnormal karena mereka terdiri dari sejumlah besar antibiotik alami. Meski tergolong sejauh lalat, BSF tidak jatuh ke sampah dan tidak lagi menyebarkan kuman penyakit.

Larva BSF kemudian diberi nama belatung yang sangat istimewa dari belatung lalat hijau dan lalat hitam. Selain itu, belatung tidak menimbulkan bau yang menyengat dan tidak selalu menimbulkan penyakit. Sangat aman, bahkan anak kecil pun bisa memegang dan bermain.

Banyaknya manfaat belatung BSF

Maggot BSF adalah salah satu produk terbaik yang dapat menggairahkan dan memberkati baik yang memelihara maupun yang menggunakannya. Maka tak heran jika kini banyak orang yang ingin tahu cara menjinakkan maggot BSF ini.

Maggot BSF bermanfaat sebagai pakan unggas dan ikan. Dalam keadaan seperti ini, penggunaan maggot sebagai pakan ikan mungkin lebih menarik di bidang budidaya.

Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan cenderung murah. Dalam pakan ternak, belatung dapat meningkatkan pertambahan berat badan ternak. Tak heran jika banyak orang yang tertarik membudidayakan maggot BSF karena banyaknya manfaat yang ditawarkan.

Salah satu cara budidaya maggot BSF yang cukup menguntungkan adalah dengan menggunakan media kering. Manfaat lain dari penggunaan maggot BSF adalah dapat membantu mengatasi masalah limbah alam yang banyak.

Dengan berat sekitar 750 kg, belatung BSF dapat menguraikan sekitar 2 sampah alam dalam jumlah besar hanya dalam waktu dua hingga beberapa minggu. Ini bisa dengan mudah mengubah bisnis yang sedang berkembang ini menjadi bisnis komersial alternatif dengan pendapatan yang sangat menjanjikan.

TRENDING:  Top information about Jiwa book store

Selain itu, masa panen larva sangat cepat, sekitar 15 hari. Bagi yang semakin tertarik dengan bisnis komersial ini, sangat penting untuk mengetahui cara menjinakkan maggot BSF di media kering. Metode ini harus dicoba untuk setiap petani atau peternak.

Manfaat Manggot

Keunggulan utama belatung adalah kandungan proteinnya. Kandungan protein belatung sekitar 43%. Sebaliknya, jika dibuat pelet, kandungan proteinnya antara 30-40%.

Tidak hanya belatung yang kaya manfaat untuk kesehatan, namun singkong (maggot maggots) merupakan sisa makanan yang bisa kita manfaatkan sebagai pupuk alami. Meski berasal dari limbah kotoran, pupuk yang dihasilkan kini sudah tidak berbau. Kasgot telah terbukti efektif dalam menyuburkan tanah.

Langkah Awal Menanam Maggot Kering BSF di Rumah

Bagi yang berminat membudidayakan larva maggot, berikut langkah-langkah awal membudidayakan maggot BSF menggunakan media kering. Yang perlu Anda ketahui adalah memilih tempat yang tepat untuk menumbuhkan belatung.

Lebih baik memilih tempat dengan banyak vegetasi, termasuk semak dan dedaunan. Ini dapat membantu menyerap bau dari kandang. Selain itu, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah memasang sistem perlindungan untuk mencegah rayap dan predator memakan belatung.

Setelah menentukan lokasi yang tepat, teknik selanjutnya untuk menumbuhkan maggot BSF di media kering adalah dengan membuat kandang. Tentu saja, kita sudah ingat bahwa kandang pada dasarnya diperlukan untuk semua ternak.

Sifat kandang juga tempat BSF menghasilkan telur pemijahan maggotnya. Siapkan ukuran kandang sesuai kebutuhan.

Dimensi kandang yang biasa digunakan oleh peternak maggot BSF adalah 2,5 m x 4 m x 3 m. Ukuran ini biasanya cukup untuk organisasi penanam maggot BSF berukuran kecil hingga menengah. Panjang ini bisa menampung puluhan larva maggot.

Salah satu pertimbangan dalam membudidayakan maggot BSF di media kering adalah cara pembuatan kandang. Membuat kandang maggot merupakan cara yang cukup sulit.

Karena Anda perlu membuat kandang yang baik untuk mendapatkan belatung. Saat membuat kandang untuk sarang maggot, Anda perlu memperhatikan jumlah sisa makanan. Membuat kandang yang besar juga sangat penting jika ingin menghasilkan limbah yang banyak. Jangan lupa untuk membawa penutup tahan air juga.

Pastikan tidak ada lubang untuk mencegah belatung atau ulat keluar dari kandang. Ketika kandang maggot BSF tertutup rapat, larva atau maggot baru akan keluar dari pipa ketika sudah siap menjadi kepompong atau membentuk BSF.

Siapkan Media Inkubasi Telur

Pendekatan selanjutnya untuk menumbuhkan maggot BSF di media kering adalah dengan mengatur media penetasan telur BSF. Anda dapat membuat area ini menggunakan kotak kardus kecil atau kayu lapis. Setelah telur menetas, larva dapat langsung bermigrasi ke kolam hidup sebagai media perkembangbiakan larva.

TRENDING:  Functions and 5 advantages of google analytics to help your bussines

Dalam situasi ini, larva di tempat penetasan dan di dalam kandang harus dipisahkan. Bagaimana Anda membagi telur menjadi larva sangat penting. Setelah menyatu, telur BSF akan mudah rusak oleh larva. Biopond merupakan tempat berkembang biaknya larva lalat black-breath, biasanya terbuat dari kayu PVC dan diisi dengan tanah gembur. Secara umum, ada dua jenis kolam biologis.

Kolam hidup normal tanpa tanjakan. Kolam hidup tunggal ini berfungsi sebagai media untuk menghasilkan larva kecil. Jenis kolam bio selanjutnya adalah yang memiliki tanjakan atau lereng sebagai jalur migrasi prapupa.
Sama seperti media penetasan. Mengikuti metode budidaya maggot BSF kering-medium ini membutuhkan modifikasi ukuran kolam biologis dengan jumlah telur tetas.

Tahapan Reproduksi Maggot BSF

Komponen penting lainnya yang ingin Anda ketahui saat mengikuti pendekatan budidaya maggot BSF kering-sedang adalah teknik perbanyakan maggot BSF. Proses penting dalam penangkapan maggot BSF adalah menarik lalat BSF terlebih dahulu.

Bahan yang dibutuhkan untuk proses penangkaran maggot BSF
• 1 liter air
• 5 sendok gila
• 5 kg dedak
• Rempah-rempah
• Yakult atau EM4
• kantong plastik

Tahapan Reproduksi Maggot BSF

• Langkah pertama adalah menambahkan air dan gula ke dalam ember. aduk rata
• Selanjutnya, campurkan 5 kg dedak ke dalam massa air gula yang telah Anda buat sebelumnya.
• Tuang 1 tutup botol EM4 atau Yakult ke dalam ember.
• Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
• Cara budidaya maggot BSF selanjutnya di media kering adalah dengan menyusun kantong plastik yang dapat menampung 5 kg atau 8 kg produk.
• Masukkan dedak gabungan ke dalam kantong plastik.
• Beri lubang pada plastik agar ada udara yang masuk. Kemudian ikat rapat.
• Letakkan kantong plastik berisi dedak di tempat yang tidak biasa dan diamkan selama 5-6 hari.
• Simpan tutup atau kawat di sekitar campuran karena mungkin berbau amis atau kucing Anda mungkin menyukainya.
• Pada teknologi budidaya maggot BSF, kombinasi medium kering dan dedak ditukar dengan kaldu fermentasi.
• Selanjutnya, tuangkan campuran dedak ke dalam ember dan tutup dengan daun pisang, plastik dan perkamen.
• Teknik budidaya maggot BSF selanjutnya di media kering adalah dengan menyimpan ember di kandang dekat media penetasan telur.
• Setelah 2-3 hari, lalat BSF datang ke berbagai tempat dan mulai bertelur di ember dan di dekat media penetasan.

TRENDING:  Need Info ? good food in port dickson - Here Food Lovers Malaysian.!

Tahapan Panen Maggot BSF

Setelah mengikuti teknik budidaya maggot BSF medium kering diatas, anda bisa melihat marfit BSF di minggu pertama. Maggot BSF kemudian siap panen pada umur 2 dan 3 minggu. Biasanya, belatung BSF menumpuk secara massal di bagian bawah dedak atau dedak.

Cara Budidaya Maggot BSF Medium Kering Lainnya

Ada cara yang lebih mudah untuk menangkap maggot BSF. Pendekatan ini menggunakan media kotoran ayam kering di bawah kandang.

Jika Anda ingin BSF bertelur di sekitarnya, Anda bisa menyajikan makanan berupa irisan pepaya busuk. Jika ternyata ada telur BSF di kotoran ayam, Anda bisa melewatkan kotak unik berupa nampan plastik. Cara membudidayakan maggot medium kering menggunakan kotoran unggas adalah dengan mengisi baki dengan kotoran ayam kering. Kemudian tambahkan pepaya busuk cincang dan biarkan sampai muncul jenis belatung yang berbeda.

Teknologi pemanenan maggot BSF dapat diayak menggunakan ayakan bambu. Oleh karena itu, belatung dapat dikumpulkan dan dipisahkan dari kotoran ayam. Ini juga merupakan maggot BSF yang dapat dihasilkan dari ayam yang dipelihara selama ini.

Lebih khusus lagi, maggot BSF memiliki siklus gaya hidup antara 14 hingga 15 hari. Tepat 14 hari 18 jam. Mulailah dengan telur BSF selama 24 jam. Maggot Instan 1 (18 jam), Pemasangan Maggot 2 (3 hari), Maggot Instan 3 (3 hari).
Kemudian, dalam bentuk kepompong selama 7 hari, cepat atau lambat akan muncul sebagai lalat dewasa. Siklus ledakan maggot dari telur hingga dewasa membutuhkan waktu 14 hari 18 jam.

Latihan ini benar-benar cukup lembut untuk Anda ikuti. Tidak diperlukan keahlian khusus, siapa pun bisa melakukannya. Selain itu, membudidayakan maggot BSF tidak membutuhkan waktu lama karena tidak ingin sering-sering mengontrolnya. Dari segi bahan, miles sangat mudah didapatkan.

Di sisi lain, membudidayakan maggot BSF di tanah kering tidak harus mewah dan bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Hal utama yang perlu Anda lakukan dalam latihan ini adalah melawan rasa jijik dengan niat tulus untuk memberi Anda banyak kebaikan.

/* */